Monday, September 10, 2012

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN SISTEM BASIS DATA


 Sebelum beralih ke kekurangan dan kelebihan system data, yuk liat dulu apa sih basis data itu? Apa sih Sistem basis data…. Yuk cekidot, langsung saja ke tkp…
Kumpulan data yang tersimpan secara terintegrasi dalam suatu computer dengan menggunakan metode tertentu di sebut BASSIS DATA. Sedangkan cara mengelola data tersebut dinamakan SISTEM BASIS DATA.  Basis data sendiri memiliki banyak keunggulan di banding penyimpanan data secara tradisional (berupa folder- folder di dalam komputer) karena tidak akan terjadi kerangkapan data, keamanan datapun terjamin karena data hanya bisa di akses oleh user yang berwenang dan data dapat di gunakan bersama-sama oleh ratusan user di saat bersamaan. Data tidak terikat  suatu system aplikasi sehingga user dapat mengakses data tanpa harus membuka system aplikasinya terlebih dahulu.
Sebagai contoh: Ketika user menyimpan data berupa daftar gaji pegawai dan menggunakan system aplikasi word maka user tersebut pun harus menggunakan word untuk mengaksesnya berbeda jika di simpan secara basis data maka user tidak perlu menggunakan aplikasi word untuk membukanya. Namun begitu penyimpanan dengan basis datapun memiliki beberapa kerugian yaitu di perlukannya tenaga yang terampil dalam mengelolanya, selain itu tempat penyimpanan pun harus besar, softwarenya mahal dan apabila terjadi kerusakan di system basis data maka akan mempengaruhi bagian terkait lainnya.
Pemakai basis data di bagi menjadi tiga yaitu:
1.       DBA(Database Administrator) yaitu orang atau team yang mengelola basis data secara keseluruhan baik dalam manangani akses terhadap basis data dan software-software, melakukan monitoring siapa yang mengakses basis data hingga masalan keamanna data seperti recovery, security dan concurrency.
2.       Programmer yaitu orang atau team yang bertugas membuat program aplikasi untuk perbankan, rumah sakit atau perkantoran.
3.       End User yaitu orang yang mengakses  basis data baik mengunakan query language maupun menggunakan aplikasi yang telah di buat oleh programmer.
Aplikasi- aplikasi yang digunakan dalam basis data yaitu Oracle, Ms. SQL, Ms. Acces, My SQL, Postage SQL, DB2.

1 comment: